Tuesday, June 23, 2015

solida mixing mechine



1.      MIXING MACHINE  ( V-BLEND )
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQYK3YqFV1tWJwV_QEnLJxJNBgB1gtTjmTsFMGvJ0WOxJA0r3rJmg
FUNGSI :

·         Menghasilkancampuranbahandengankomposisitertentudan homogeny
·         Mempertahankankondisicampuranselama proses kimiadanfisika agar tetaphomogen, mempunyailuaspermukaankontakantarkomponen yang besar, menghilangkanperbedaankonsentrasidanperbedaansuu, mempertukarkanpanas, mengeluarkansecaramerata gas-gas danuap-uap yang timbul
·         Menghasilkanbahansetengahjadi agar mudahdiolahpada proses selanjutnyaataumenghasilkanprodukakhir yang baik

MEKANISME :
·         Pencampur V
Berupasebuahbejanadengansebelahataukeduabelahsisinyaberbentuk V berputarmengelilingisumbu yang melintang. Samasepertipencampurkerucut, pencampurinitidakefesiendigunakandalamindustri.
·         Dalamhalinidiperlukangayamekanikuntukmenggerakkanalatpencampursupayapencampurandapatberlangsungdenganbaik.


2.      TEST SIEVE SHAKER

http://202.67.224.130/pdimage/62/s_4454162_p42e300911klg_nopw-13.jpg

FUNGSI :
Untuk  mengukur ukuran partikel secara kasar.

MEKANISME :
·         Pertama, kertasperkamendiletakkanpadatimbangan digital, kemudiansejumlahserbukditimbangdenganmenggunakantimbangan digital sebanyak 15 gram. LalukleppenutupalatSieve Shakerdiputardandibukapenutupbagianatasnya. Selanjutnya, seluruhserbukdimasukkankedalamsaringan paling atas. Lalualatditutuppadabagianatasnya, danklepdikencangkan. Setelahitu, alat di nyalakandenganmenekantombol ON. Waktupengayakandihitungdariawalalatdinyalakanselama 5 menit. Setelah 5 menitditekantombol OFF. Klepdiputardanpenutupbagianatasalatdibuka. Selanjutnyasetiap  serbukpadamasing-masingsaringan yang berbedaukuran mesh nyaditempatkanpadakertasperkamendanditimbangbobotmasing-masingserbuk. Alatiniterdiridarisusunan
ayakandariataskebawahyaitu mesh 12, 14, 16, dan 20 sertamesinpenggetaratau vibrator. Ayakandisusundenganlubangayakanbesardiatasdanayakanberlubangkecildibawahsecaraberurutan.

3.      HARDNESS TESTER

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSmBAh2HCsyJztqGDC2xU9lM7aFjnPU8nJ1Pufs6YO-TuLhuYyl0A

FUNGSI :
·         untukmengujikekerasansuatu tablet/obat.

MEKANISME:
·         Hardness tester adalahsalahsatusifatmekanik (Mechanical properties) darisuatu material. Kekerasansuatu material harusdiketahuikhususnyauntuk material yang dalampenggunaanyaakanmangalamipergesekan (frictional force) dandeformasiplastis. Deformasiplastissendirisuatukeadaandarisuatu material ketika material tersebutdiberikangayamakastrukturmikrodari material tersebutsudahtidakbisakembalikebentukasalartinya material tersebut  tidakdapatkembalikebentuknyasemula. Lebihringkasnyakekerasandidefinisikansebagaikemampuansuatu material untukmenahanbebanidentasiataupenetrasi (penekanan).Di dalamaplikasimanufaktur, material dilakukanpengujiandenganduapertimbanganyaituuntukmengetahuikarakteristiksuatu material barudanmelihatmutuuntukmemastikansuatu  materialmemilikispesifikasikualitastertentu.
4.      FRIABILATOR SINGLE DRUM

Friabilator single drum (lokal)
FUNGSI :

·         Untk mengukur ketahanan permukaan tablet terhadap gesekan yang dialaminya sewaktu pengemasandan pengiriman.

MEKANISME :

·         Menetapkan bobot yang hilang dari sejumlah tablet selama di putar dalam  friabilator selama waktu tertentu. Pada proses pengukuran kerapuhan , alat diputar dengan kecepatan 25 putaran per menit dan waktu yang digunakan adalah 4 menit.
·         Jika dalam proses pengukuran friabilitas ada tablet yang pecah atau terbelah , maka tablet tersebut tidak diikutsertakan dalam perhitungan.Jika hasil meragukan ( bobot yang hilang terlalu besar ), maka pengujian harus diulang sebnayak 2 kali.Selanjutnya tentukan nilai rata-rata dari ketiga uji yang telah dilakukan.






5.      FRIABILATOR  DOUBLE DRUM


Friabilator Double Drum


FUNGSI :

·         Untk mengukur ketahanan permukaan tablet terhadap gesekan yang dialaminya sewaktu pengemasandan pengiriman.

MEKANISME

·         Menetapkan bobot yang hilang dari sejumlah tablet selama di putar dalam  friabilator selama waktu tertentu. Pada proses pengukuran kerapuhan , alat diputar dengan kecepatan 25 putaran per menit dan waktu yang digunakan adalah 4 menit.
·         Jika dalam proses pengukuran friabilitas ada tablet yang pecah atau terbelah , maka tablet tersebut tidak diikutsertakan dalam perhitungan.Jika hasil meragukan ( bobot yang hilang terlalu besar ), maka pengujian harus diulang sebnayak 2 kali.Selanjutnya tentukan nilai rata-rata dari ketiga uji yang telah dilakukan.




6.      DISINTEGRATOR  TESTER



Disintegration Tester 2 Chamber


FUNGSI :

·         Untuk mengetahui waktu hancur dari tablet menjadi granul /partikel penyusunnya yang mampu melewati ayakan no.10 yang terdapat dibagian bawah alat uji

MEKANISME

·         Tablet yang akan diuji ( sebanyak 6 tablet ) dimasukkan dalam tiap tube , ditutup dengan penutupndan dinaik turunkan keranjang tersebut dalam medium air dengan suhu 37 C. Dalam monografi yang lain disebutkan mediumnya merupakan simulasi larutan gastrik ( gastric fluid ). Waktu hancur dihitung berdasarkan tablet yang paling terakhir hancur. Persyaratan waktu hancur untuk tablet tidak bersalut kurang dari 15 menit, untuk tablet salut enterik tidak boleh hancur dalam waktu 60 menit dalam medium asam,  dan harus segera hancur dalam medium basa.




7.      SINGLE PANT TABLET



Single Punch Tablet Machine
FUNGSI

·         Untuk mencetak tablet.


MEKANISME
·         Mesin ini digunakan untuk membuat pil /permen tablet, dari bahan yang berupa serbuk lembut yang akan dipadatkan. Cara kerja dan pengoperasiannya cukup mudah dan dapat dikerjakan secara manual meskipun dengan tenaga kerja wanita. Kita tinggal menaruh serbuk yang akan dipadatkan pada casing yang kita inginkan , kemudian kita tinggal menekan handlenya.








8.      DISSOLUTION TESTER




Disintegration Tester 3 Basket indipidual (Lokal)


FUNGSI :

·         Untuk menentukan kesesuaian dengan persyaratan disolusi yang tetera dalam masing-masing monografi untuk sediaan tablet dan kapsul, kecuali pada etiket dinyatakan bahwa tablet harus dikunyah.


MEKANISME

·         Perlakuan pertama adalah dicari panjang gelombang serapan maksimum untuk baku pembanding suatu obat.
·         Langkah selanjutnya adalah tablet dicelupkan kedalam medium  aquadest sampai kedasar yang terdapat dalam labu sebnayak 900 ml. Suhu dipertahankan pada 37,5 C, motor diatur pada kecepatan konstan 50 rpm. Kemudian cairan sample diambil pada selang waktu menit ke 5, menit ke 15, menit ke 25, menit ke 35, dan menit ke 45 untuk menentukan jumlah obat dalam cairan itu. Kemudian diencerkan 1 Ml dari setiap cuplikan menjadi 10 ml dengan medium dan tentukan absorbansinya pada panjang gelombang maksimum yang didapat pada percobaan. Untuk menentukan kadar obat maka digunakan spektrophotometri  dengan mengukur tingkat absorbansi-nya.
9.      GRANUL FLOWABILITY



Granul Flowability



FUNGSI :

·         Untuk menunjukkan mudah atau tidaknya granul mengalir dalam mesin cetak.

            MEKANISME
·         Granul dimasukkan kedalam corong
·         Penutup corong dibuka sehingga granul keluar dan ditampung pada bidang datar .
·         Waktu alir granul dicatat dan sudut diamnya dihitung dengan mengukur diameter dan tinggi tumpukan granul yang keluar dari mulut corong. Waktu alir dipersyaratkan dengan sudut diam tidak lebih dari 30 derajat.






10.  TABLET COATING PAN



Tablet Coating Pan


FUNGSI:
·         Untuk menyalut tablet.
MEKANISME
·         Proses Penyalutan
Proses penyalutan tablet terbagi atas beberapa tahap yaitu: protective, gum syrup, built up syrup, smoothing syrup, colouring syrup, dan polishing. Lapisan penutup merupakan tahap pemberian lapisan pelindung agar air dari larutan berikutnya tidak masuk ke dalam tablet inti. Lapisan elastis merupakan lapisan dasar dari salut gula yang bertujuan untuk melapisi gum syrup agar tablet tidak retak selama proses atau selama penyimpanan. Bahan-bahan yang akan dituang diaduk lebih dahulu, kemudian masukkan CaCO3 secukupnya, aduk kembali sampai semua serbuk melapisi tablet baru kemudian dialirkan udara panas. Built up syrup merupakan proses pemberian lapisan sebenarnya dari salut gula, sedangkan smoothing syrup bertujuan untuk membuat permukaan tablet licin sehingga zat warna dapat melapisi tablet secara merata. Colouring bertujuan untuk memberikan warna pada permukaan tablet dan polishing merupakan proses pengkilatan permukaan tablet sehingga menjadi mengkilat


11.  VISCOMETER


https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRRdb2qS8nsvDUUdW1HE18R8NqwaTGvH7nohobO-CIBg7PfK9q6GA

FUNGSI :

·         Untuk mengukur viskositas atau kekentalan


MEKANISME

·         Ukur diameter bola
·         Timbang massa bola
·         Ukur panjang tabung viscometer dari batas atas – batas bawah
·         Tentukan massa jenis masing – masing cairan
·         Ukur temperatur alat viskositas hoppler
·         Isi tabung dengan aquades dan dimasukkan bola
·         Pada saat bola diatas, stopwatch dihidupkan
·         Pada saat bola dibawah, stopwatch dimatikan
·         Catat waktu bola jatuh dari batas atas sampai batas bawah
·         Tabung dibalik
·         Ulangi prosedur 3 – 6 sebnayak 3 kali berturut-turut, pada temperature lain dan cairan yang lain.
12.  PH METER



http://202.67.224.140/pdimage/86/2284586_phoakton510.jpg

FUNGSI :

·         Untuk mengukur  Ph ( tingkat keasaman atau kebasaan suatu benda yang diukur dengan menggunakan skala ph antara 0 hingga 14.


MEKANISME

·         Mencelupkan kedalam air yang akan diukur ( kira-kira kedalamn 5 cm ) dan ecara otomatis alat bekerja mengukur.
·         Pada saat pertama dicelupkan angka ditunjukkan oleh display masih berubah-ubah, tunggulah kira- kira 2 sampai 3 menit sampai angka digital stabil.







13.  OVEN


http://alatlaboratorium.co.id/product_images/b/560/CO2__34978_std.jpg

FUNGSI:

·         Untuk mengeringkan granul.
MEKANISME
·         Masukkan bahan yang akan dikeringkan kedalam oven dan atur suhunya 50 – 60 C , Kemudian setelah kering, dikeluarkan dan diayak.









14.  WATERBATH


https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTnBzHD3tPAufa0cUWtDxUwiFWcbTkyzKbQ2n0PHGrYC-MihSmT
FUNGSI :

·         Untuk menciptakan suhu yang konstan.
·         Pemanasan pada suhu renda 30 -100 C
·         Menginkubasi kultur mikrobiologi


MEKANISME
·         Pada saat saklar diposisi “ on “ maka arus listrik dari sumber akan memberi suplay listrik ke heater. Heater yang diberi arus listrik memberikan panas pada alat , suhu semakin tinggi, dan berhenti naik sampai suhu yang diinginkan.


No comments:

Post a Comment